Ini sekilas rangkuman saya yang mungkin dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan ^^
SEKILAS BAHASA PEMROGRAMAN
Apa yang disebut BAHASA PEMROGRAMAN ?
Bahasa pemrograman adalah teknik komunikasi
standar untuk mengekspresikan instruksi kepada computer. Bahasa pemrograman
juga memfasilitasi seorang programmer secara tepar menetapkan data apa yang
sedang dilakukan oleh computer selanjutnya, bagaimana data tersebut disimpan
dan dikirim, dan lainnya. Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi
tingkat rendah, menengah dan tingkat tinggi.
Apa itu teknologi JAVA ?
Java adalah bahasa pemrograman yang
berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform system
operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu system operasi,
tetapi dikembangkan untuk berbagai system operasi dan bersifat open source.
SEBAGIAN
FITUR JAVA :
1.
Java Virtual Machine (JVM)
JVM adalah sebuah mesin imajiner (maya)
yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada sebuah mesin nyata. JVM
menyediakan spesifikasi hardware dan platform dimana kompilasi kode java
terjadi.
2.
Garbage Collection
Garbage Collection berarti program tidak
perlu menghapus sendiri objek-objek yang tidak digunakan lagi.
3.
Code Security
Code Security terimplementasi pada java
melalui penggunaan Java Runtime Environment (JRE). Java menggunakan pengamanan
3 lapis untuk melindungi system dari untrusted java code.
a.
Pertama, class-loader menangani pemuatan kelas
java ke runtime interpreter. Proses ini menyediakan pengamanan dengan
memisahkan kelas-kelas yang berasal dari local disk dengan kelas-kelas yang
diambil dari jaringan.
b.
Kedua, bytecode verifier membaca bytecode
sebelum dijalankan dan menjamin bytecode memenuhi aturan-aturan dasar bahasa
java.
c.
Ketiga, manajemen keamanan menangani keamanan
tingkat aplikasi dengan mengendalikan.
FASE-FASE PEMROGRAMAN JAVA :
Editor à Hello.java à
Java Compiler à Hello.class à
Java Interpreter
KOMENTAR PADA JAVA
Komentar adalah catatan yang
ditulis pada kode dengan tujuan sebagai bahan dokumentasi. Teks tersebut bukan
bagian dari program dan tidak mempengaruhi jalannya program. Penulisan komentar
terdiri dari beberapa macam :
1.
Penulisan Komentar C++ Style
Komentar C++ style diawali dengan //. Semua teks setelah // dianggap
sebagai komentar. Contoh : // This is a C++ style or single line comments
2.
Penulisan Komentar C Style
Komentar C style atau juga disebut komentar beberapa baris diawali /* dan
diakhiri */
Contoh : /* this is an example of a
C style or
multiline comments*/
3.
Komentar Khusus Javadoc
Komentar javadoc khusus digunakan untuk men-generate dokumentasi HTML
untuk program java anda. Anda dapat menciptakan komentar javadoc dengan memulai
baris dengan /** dan mengakhirinya dengan */
Contoh : /**
This is an example of special java
doc comments used for \n
Generateing an html documentation.
It uses tags like :
@author Florence Balagtas
@version 1.2
*/
PERNYATAAN DALAM JAVA DAN BLOK
Blok adalah satu atau lebih pernyataan yang terbentang antara kurung
kurawal buka dan kurung kurawal tutup yaitu sekumpulan pernyataan sebagai satu
unit kesatuan. Blok pernyataan dapat dikumpulkan akan tetapi tidak secara pasti
mempunyai keterkaitan fungsi. Contoh :
public
static void main(String[] args) {
System.out.println(“Hello”);
System.out.println(“World”);
}
JAVA IDENTIFIER
Java Identifier adalah suatu tanda yang mewakili nama-nama variable,
method, class, dsb.
Contoh dari Identifier adalah : Hello, main, System, out. Pendeklarasian
Java adalah case-sensitive. Hal ini berarti bahwa Identifier : Hello tidak sama
dengan hello.
JAVA LITERALS
Literals pada java ada macam-macam, yaitu :
1.
Integer Literals
2.
Floating-Point Literals
3.
Boolean Literals
4.
Character Literals
5.
String Literals
TIPE DATA PRIMITIF
Bahasa pemrograman Java
mendefiniskan delapan tipe data primitf. Diantaranya adalah Boolean (untuk
bentuk logika), char (untuk bentuk tekstual), byte, short, int, long
(integral), double dan float (floating point).
VARIABEL
Variabel adalah item yang
digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek. Variable memiliki tipe data
dan nama. Tipe data menandakan tipe nilai yang dapat dibentuk oleh variable itu
sendiri.
1.
Deklarasi dan Inisialisasi Variabel
Untuk deklarasi variable adalah sebagai berikut :
<data tipe><nama> [=initial value];
2.
Menampilkan Data Variabel
Untuk mengeluarkan nilai dari variable yang diinginkan, kita dapat
menggunakan perintah sebagai berikut :
System.out.println()
System.out.print()
3.
System.out.println() vs System.out.print()
Apa yang membedakan diantara perintah System.out.println() dan
System.out.print() ?
Yang pertama menambahkan baris baru pada akhir data untuk dikeluarkan,
sementara selanjutnya tidak.
4.
Variabel Reference dan Variabel Primitif
Variabel Primitif adalah variable dengan tipe data primitif. Mereka
menyimpan data dalam lokasi memori yang sebenarnya dimana variable tersebut
berada. Sedangkan Variabel Reference adalah variable yang menyimpan alamat dan
lokasi memori. Yang menunjuk ke lokasi memori dimana data sebenarnya berada.
OPERATOR
Dalam java, ada beberapa tipe operator yaitu :
1.
Operator Aritmatika (+ * / % -)
2.
Operator Increment dan Decrement
3.
Operator Relasi (> >= < <= == !=)
4.
Operator Logika
5.
Operator Kondisi
6.
Operator Precedence
MENGGUNAKAN BUFFERED READER UNTUK MENDAATKAN INPUT
Berikut langkah-langkah yang
diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard :
1.
Tambahkan di bagian paling atas code anda :
Import java.io.*;
2.
Tambahkan statement berikut :
BufferedReader dataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader
(System.in) );
3.
Deklarasikan variable string temporary untuk
mendapatkan input dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari
keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch :
try{
String temp =
dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in
getting input”);
}
MENGGUNAKAN JOptionPane UNTUK MENDAPATKAN
INPUT
Cara lain
untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class JOptionPane
yang didapatkan dari javax.swing package. JOptionPane akan memunculkan tampilan
dialog box.
Contoh Code :
import javax.swing.JOptionPane;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
String name = "";
name =
JoptionPane.showInputDialog("Please enter your
name");
String msg = "Hello " + name +
"!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}
Mungkin, sekian dulu posting saya mengenai materi-materi JAVA. Namun, jangan khawatir saya akan terus memberikan postingan-postingan lainnya mengenai JAVA. Terima Kasih untuk perhatiannya ^^b
0 komentar:
Posting Komentar